Mengenal Alat Meteran Lebih Dekat

No comment 153 views

Meteran tidak asing lagi bagi pertukangan dan para pekerja proyek, karena sebagai alat ukur manual yang biasa digunakan. Akan tetapi meteran atau pita ukur atau tape measure  yang biasa kita pakai tidak di sertai manual book atau cara penggunaan ketika kita membelinya sehingga kita hanya tau fungsinya hanya sebagai pita ukur saja.

Meteran juga dikenal sebagai pita ukur atau tape measure atau bisa disebut juga sebagai Roll Meter ialah alat ukur panjang yang bisa digulung, dengan panjang 25 – 50 meter. Meteran ini sering digunakan oleh tukang bangunan atau pengukur lebar jalan. Ketelitian pengukuran dengan rollmeter hingga 0,5 mm.

Mengenal Alat Meteran Lebih Dekat

Roll Meter ini pada umumnya dibuat dari bahan plastik atau plat besi tipis. Satuan yang dipakai dalam Roll Meter yaitu mm atau cm, feet tau inch. Pita ukur atau Roll Meter tersedia dalam ukuran panjang 10 meter, 15 meter, 30 meter sampai 50 meter. Pita ukur umumnya dibagi pada interval 5 mm atau 10 mm.

Roll Meter juga memiliki daya muai dan daya regang. Daya muai ialah tingkat pemuaian dikarenakan perubahan suhu udara. Dan daya regang ialah perubahan panjang disebabkan regangan atau tarikan. Daya muai dan daya regang meteran dipengaruhi oleh jenis Roll Meter, yang di bagi berdasarkan bahan yang dipakai dalam pembuatannya.

Kegunaan/ Fungsi 

Meteran Berfungsi untuk mengukur jarak atau panjang. Meteran juga berguna untuk mengukur sudut, membuat sudut siku-siku, dan juga dapat dipakai untuk membuat lingkaran. Pada ujung pita dilengkapi dengan pengait dan diberi magnet agar lebih mudah ketika sedang melakukan pengukuran, dan pita tidak lepas ketika mengukur.

Cara Menggunakan/ Mengukur

Cara pemakaian / pengukurannya tinggal merentangkan meteran ini dari ujung yang satu ke ujung yang berbeda yaknik ke objek yang akan diukur. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat alangkah baiknya bila dilakukan oleh dua orang, orang pertama memegang ujung awal meteran dititik yang pertama dan meletakkannya tepat di angka nol pada meteran dan orang yang kedua memegang rol meter menuju ke titik pengukuran lainnya, lalu tarik meteran selurus mungkin dan letakkan meteran di titik yang di tuju dan baca angka pada meteran yang tepat dititik yang dituju. Teknik ini memiliki keterbatasan pada pengontrolan besar sudut yang di dapatkan dari hasil pengukuran dari kedua titik.

Setiap meteran pasti terdapat sebuah lubang di ujungnya. Nah, lubang ini sebenarnya sangat membantu ketika kamu menggunakan meteran seorang diri. Tanpa perlu bantuan teman, kamu tinggal mencantolkan lubang tadi ke paku atau baut pada permukaan yang ingin kamu ukur.

Jika kita lupa membawa pensil, tandai permukaan yang kita ukur dengan ujung meteran yang berbentuk gerigi, terutama jika objeknya kayu atau bisa juga yang lainnya.

Cara Merawat 

Bersihkan Roll Meter sebelum maupun sesudah digunakan, bersihkan bagian yang sekiranya kotor, Simpan Roll Meter ditempat yang aman, Kembalikan Roll Meter ke tempatnya setelah digunakan.

Cara membaca Skala dan Hasil 

Posisi arah pandangan kedua mata harus lurus dan tepat ke Roll meter.
Lihat ada skala yang ada pada roll meter.
Baca hasilnya.

Skala utama / Skala nonius 

Skala utama terletak di bagian Roll Meter yang biasanya dalam bentuk roll terdapat dalam ukuran 10 m, 20 m, 30 m , 50 m dan 100 m.

Untuk saat ini banyak meteran digital yang digunakan dan lebih mempermudah kita dalam menyelesaikan pekerjaan, akan tetapi setiap alat memiliki kekurangan dan kelebihan masing- masing.

 

 

Yuk Share
author
Author: 

    Leave a reply "Mengenal Alat Meteran Lebih Dekat"

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.